8 Etos Kerja

Apabila kamu merasa belum menguasai talent yang satu ini secara baik, gak usah khawatir. Karena kamu bisa melatihnya sedikit demi sedikit mulai dari diri sendiri sampai membantu mengkoordinasikan tugas dengan companion kerja lainnya di kantor. Orientasi layanan asesmen organisasi ditujukan untuk tercapainya kesempurnaan fungsi dan struktur organisasi demi mencapai efektivitas dan efisiensi organisasi. Disamping itu, perubahan lingkungan yang cukup pesat dan kompetitif, membutuhkan kesiapan dari organisasi untuk menyesuaikan diri dengan perubahan lingkungan dan menyiapkan SDM-SDM yang berkualitas dan memiliki daya saing tinggi. Potensial reviu pada dasarnya adalah penilaian potensi seseorang untuk pekerjaan tertentu terhadap kemampuan seseorang yang telah bekerja pada suatu institusi. Proses yang dilakukan adalah peneraan potensi yang dimiliki seseorang dari beberapa sisi.

Sebuah Uraian Jabatan seharusnya dibuat oleh mereka yang menggagas untuk menciptakan jabatan tersebut. Merekalah yang seharusnya mengetahui untuk apa jabatan tersebut diadakan , tugas-tugasnya, dan lain sebagainya. Apabila ia memerlukan bantuan ia dapat meminta seorang tenaga spesialis dari bagian SDM untuk membantu menulisnya. Pada tingkatan senior seringkali pemegang jabatan diminta membuat Uraian Jabatannya sendiri setelah memperoleh petunjuk dari atasannya tentang Tujuan Jabatannya dan butir-butir yang penting lainnya. Peran Departemen SDM adalah membantu membuatkan sebuah “Format” Uraian Jabatan yang tepat yang memenuhi tujuan dari pembuatan uraian jabatan tersebut. Dokumen Uraian Jabatan tersebut tidak menguraikan atau menggambarkan sebuah pekerjaan/jabatan secara bebas seperti sebuah surat pribadi tetapi mengikuti bentuk/format dan struktur tertentu.

Mencari pekerja yang kompeten untuk suatu perusahaan

Dengan demikian, peran pemerintah sebagai regulator boleh dikatakan sangat strategis karena diharuskan menjadi penyeimbang antara kepentingan pekerja dan pengusaha agar terciptanya hubungan industrial yang didasari atas keserasian, keselarasan dan keharmonisan masing-masing kepentingan. Sebelum melakukan rekrutmen alias mencari tenaga kerja baru, pihak HR terlebih dulu melakukan perombakan di dalam SDM. Misalnya dengan melaksanakan promosi dan pemindahan jabatan, mempensiunkan, atau bahkan memberhentikan pekerja. Tentunya harus sesuai peraturan ketenaga-kerjaan yang berlaku.

Untuk memudahkan hal tersebut maka ada baiknya jika perusahaan memberikan beberapa syarat dan juga menyeleksi para karyawan sesuai dengan kebutuhan tersebut. Ini akan menghindari adanya kesenjangan social bagi mereka yang menginginkan hal yang sama namun belum atau tidak memiliki kesempatan yang sama. Kualitas tertentu membuat Anda menjadi pusat perhatian bagi para perekrut.

Contoh Uraian Jabatan “mini” adalah yang dibuat untuk keperluan keperluan ISO 9000 yang biasanya benar-benar sangat “generik” sedangkan contoh yang sangat lengkap adalah “Manual atau Panduan Kerja Operasional” untuk tenaga pelaksana operasi tertentu. Sebuah contoh “Format” sebuah Uraian Jabatan yang “standar” dapat disebut sebagai Uraian Jabatan yang sudah bersifat “multi purpose” yang artinya sudah dapat memenuhi semua tujuan dapat ditemukan sebagai lampiran. Kalimat-kalimat di dalam kurung adalah penjelasan untuk “judul” yang tertulis sebelumnya. Skillwajib HRD selanjutnya berkaitan dengan kemampuan administrasi dan pelaporan HR, mencakup kehadiran karyawan, keterlambatan, ketidakhadiran, dll. Sudah tidak asing lagi jika divisi HRD menjadi tempat curhat para karyawannya. Divisi HRD juga merupakan jembatan antara karyawan dari berbagai jabatan.

Karena kecakapan dalam setiap bidang pekerjaan, akan sangat berpengaruh kepada kinerja dan perkembangan perusahaan Anda. Bagi Anda yang membutuhkan karyawan dengan posisi yang cukup penting dan berpengaruh untuk perusahaan, maka sangat disarankan untuk menyeleksi calon karyawan yang telah mendaftar dengan melihat latar belakang pendidikan dan juga pengalaman kerja yang dimiliki. Meskipun pengalaman kerja dan pendidikan tinggi tidak sepenuhnya menjamin karyawan akan bekerja secara maksimal. Tetapi, karyawan yang berpendidikan rendah serta minim pengalaman kerja biasanya tidak mampu bekerja dengan posisi yang tinggi.

Kemampuan untuk mengatur orang adalah kemampuan yang sangat kuat. Tidak hanya dapat menginspirasi, Anda juga dapat menuntun mereka dan memonitor kemajuan mereka. Kemampuan untuk mengatur berbagai tugas yang diberikan dalam waktu bersamaan dan mampu untuk bekerja dengan kondisi, lingkungan, dan peraturan yang selalu berubah akan sangat dihargai.

Tetapi, peimimpin perusahaan juga tidak boleh melakukan pekerjaan sendiri. Untuk hasil terbaik, kumpulkan sekelompok orang yang memiliki perspektif berbeda tentang perusahaan. Pilih orang yang dapat mewakili berbagai aspek perusahaan Anda, mulai dari penjualan dan layanan pelanggan hingga pemasaran dan pengembangan produk.

KOMPAS.com – Ketenagakerjaan merupakan segala sesuatu yang berhubungan dengan tenaga kerja. Ditujukan untuk secara etis dan sosial merespon terhadap kebutuhan-kebutuhan dan tantangan-tantangan masyarakat melalui tindakan meminimasi dampak negatif terhadap organisasi. Kegagalan organisasi dalam menggunakan sumber dayanya bagi keuntungan masyarakat dapat menyebabkan hambatan-hambatan. Analisis Kasus yang tidak berbeda seperti prinsip sebelumnya justru memiliki suatu tambahan untuk melakukan sebuah analisa secara rinci.